Asyiknya belajar Bahasa C, Step1

Ini post mengenai komputer yang pertama di blog ini, aye akan menerangkan mengenai pemrograman C, atau istilah lainnya bahasa C. Wedehhh, komputer punya bahasa juga rupanya,,, Iya dong! Tapi mereka gak ngomong, itu doang kelemahannya (Serem juga kalau komputer ngomong minta makan).


Bahasa C pertama kali dikemukakan oleh Dennis Ritchie di Laboratorium Bell. Dahulu  di tahun emak saya, 1970an, bahasa C digunakan komputer untuk ngebaca perangkat lunak (software) namun karena perkembangan jaman, bahasa C malah dijadikan bahan untuk membuat software.

Untuk belajar bahasa C memang butuh software juga, ada yang gunain devC++ juga ada yang gunain Borland

"Wah, kayaknya ribet nih bang loserone mesti ngotak ngatik software?"

Enggaklah. Itu cuman untuk ngetest kalau bahasa C yang kamu bikin berjalan mulus apa tidak ketika dijalankan. Kalau untuk memasukkan kode – kode bahasa C kamu bisa mengetik di Notepad yang orang sering nulis di situ buat curhat singkat. Itu untuk banyak jendela (windows). Kalau untuk pengguna penguin (linux), kamu bisa gunain Emacs atau Vi.

Sebagai permulaan kamu bisa ketik ini di notepad kamu. Oia jangan lupa untuk menyedot software yang aye sebutkan diatas untuk mengetest bahasa C yang kamu bikin.

#include<stdio.h>
Int main ()
{
            printf(“Belajar Bahasa C itu gak susah\n”);
            system (“pause”);
            return 0;
            system (“pause”);
}

Wahhh apa aja tuh maksudnya, Tenang! Aye terangin satu persatu,

#Include<stdio.h>
Disini stdio (bukan studio yaa). Stdio itu adalah bagian dari #include (#include sendiri itu artinya melibatkan). Ada banyak macam tentang #include itu, kalau kamu punya borland atau Dev C++, atau software semacamnya, kamu buka foldernya dan kamu bisa cari disitu macam – macam #include. Semua tergantung kebutuhan kamu ingin bikin program yang macam apa. Yang jelas jangan lupa di bagian tagnya (maksudnya <              >), jangan lupa diawali dengan < dan diakhiri dengan >

Int main ()
Bukannya ini mau main yaaa :D,, tapi main disini maksudnya adalah bagian.  Misalkan yang pasti ente udah tau banget kayak Main Menu, kalau kita indonesiain kan artinya bagian menu. Dengan kata lain, menu di sini adalah isi yang ada di dalam bahasa C. Sedangkan int itu sendiri adalah nilai. Lalu ujungnya ada () , Itu untuk penutup dari bagian Int main itu sendiri.

{}
Edehh, apaan tuh? Kalau belajar matematika pasti guru suka nulis kayak gitu. Itu namanya kurung tapi ada lancipnya.

"Kenapa harus kurung yang kayak gitu bang loserone?

Kalau kurung yang biasa aja nyaru (mirip) dong sama tutupan Int Main yang tadi. Dalam pemrograman itu gak boleh ada yang nyaru (mirip), kalau engga jadi berantakan. Makanya kalau orang awam langsung liat pemrograman yang ribet, pasti langsung bingung. Maksud dari itu simpel aja koq. Fungsinya { adalah pembukaan dari nilai nilai bagian bahasa C kamu dan } adalah akhirannya.

printf(“belajar bahasa C itu gak susah\n”);
Judulnya aja udah print, berarti mau nyetak nihh. Ya! Yang dicetak itu adalah tulisan di dalam kurung tersebut.

"Ahh bang loserone koq () ada lagi sih, katanya nyaru."

 Set! Kagak nyarulah, coba aja tuh liat ujungnya ; yang artinya itu adalah akhiran dari bahasa C. Sedangkan printf adalah salah satu nilai yang ada di dalam bahasa C.

"Terus akhiran \n itu apa bang loserone sesudah kalimat yang ente bikin?"

Pertama, aye jelasin kalau akhiran \n itu sendiri gak begitu penting karena maksud dari \n itu adalah membuat garis baru.  Kalau ente mengetik dan pencet enter di papan kunci sama halnya kayak itu. Lagipula akhirannya itu ada 7 koq (untuk penjelasan sekarang ini). Liat tabel di bawah yak.

\a
Kasih bunyi tetonet ke programnya, biasanya sih bunyi itu dikhususkan untuk memberitahu kalau kamu salah atau ngaco di dalam suatu program (Audible Signal)
\b
Menghapus tulisan kamu (Backspace)
\t
Bikin longkap gaya Tab di program kamu (Tab)
\n
Bikin garis baru yang kayak udah aye sebutin tadi (Newline)
\v
Bikin longkap gaya Tab juga cuman posisinya ke bawah bukan ke samping (Vertical Tab)
\f
Bikin halaman baru di program C kamu (Newpage/Clear Screen)
\r
Yang ini aye kurang tau maksudnya karena ngga pernah gunain, :D (Carriage Return)

System(“pause”);
Ini mah simpel banget, artinya biar program yang kamu jalanin itu berhenti dulu jangan bablas. Tulisannya adalah Press Any Key To Continue. Dan karena masih dalam  lingkup {} maka ngegunain kurung dan akhiran yang sama kayak printf.

return 0;
kalau di bahasa C, ini menandakan kalau program tersebut berjalan lancar tanpa ada masalah selama program yang kamu bikin itu berlangsung.

Nahhh gimana pembaca yang setia maupun gak setia? Gampang kan! Untuk hari ini segini dulu. Selamat mencoba! Dan kalau masih ada yang belum paham tinggal ditulis di komentar aja yaaaa, ok? See yaa,,,,

thanks for looking :D

0 comments:

Posting Komentar

Saya menerima komentar apapun asal tidak menyinggung PRIVACY penulis

2012, Information, Insipiration, Experiences. THANKS TO:::. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / TERDESAKK

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger